Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

EKBIS · 1 Jul 2024 09:45 WIB ·

Sambut Hari Anak Nasional, PLN UID Aceh Gelar Khitanan Untuk Wujudkan Generasi Muda Bersih dan Sehat


 Khitan Sehat Anak Sholeh Perbesar

Khitan Sehat Anak Sholeh

BANDA ACEH – Dalam menyambut Hari Anak Nasional PLN Unit Induk Distribusi Aceh, YBM PLN, bersama Srikandi PLN mengadakan acara Khitan Sehat Anak Sholeh yang berlangsung di Praktek Mandiri Perawat Jeumpa Nursing & Homecare. Dalam acara tersebut PLN UID Aceh yang diwakili oleh Nurlana selaku Senior Manager Keuangan, Komunikasi, dan Umum dan Srikandi Champion menyatakan bahwa Berkhitan adalah kewajiban bagi anak laki-laki Muslim karena tindakan ini meningkatkan kesehatan tubuh dan mengurangi risiko infeksi.

Ketua Yayasan Baitul Maal PLN UID Aceh (YBM PLN) menyampaikan bahwa program khitan ini ditujukan untuk keluarga-keluarga yang termasuk dalam kategori asnaf, yaitu fakir dan miskin. “Jadi ini potensi yang kita garap adalah kepada keluarga-keluarga yang masuk kategori asnaf, yaitu asnaf di miskin dan di fakir,” ujar Rizal.

Program khitan ini melibatkan 30 anak penerima manfaat, di mana 10 anak berasal dari rekomendasi pegawai di kantor PLN UID Aceh, dan 20 anak lainnya berasal dari wilayah Darussalam dan daerah-daerah yang telah ditentukan oleh Yuswardi selaku owner Jeumpa Nursing & Homecare dan Maskur selaku owner Tafaqqur Wound Care. “Jadi kita melaksanakan kerja sama dengan pihak Jeumpa Klinik supaya dalam pelaksanaannya bisa langsung di klinik ini. Yang kedua adalah supaya nanti dari segi peralatan tidak perlu diangkat-angkat, jadi kita menjaga sterilisasi daripada peralatan kesehatannya,” tutupnya.

Selain itu, program khitan ini juga merupakan bagian dari kegiatan nasional yang dilaksanakan serentak meskipun tanggal pelaksanaannya berbeda-beda. “Mudah-mudahan harapan kami buat anak-anak kami, insya Allah nantinya bisa menjadi anak-anak yang sholeh dan akhirnya bisa menjadi generasi penerus yang dapat memajukan generasi muda bersih dan sehat,” tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Nurlana selaku Senior Manager Keuangan, Komuniasi dan Umum (KKU) PLN UID Aceh menyampaikan bahwa dana yang digunakan dalam kegiatan ini berasal dari zakat seluruh pegawai PLN UID Aceh. “Dana yang digunakan di dalam kegiatan yang dikelola oleh Yayasan Baitul Maal ini bersumber dari zakatnya pegawai PLN UID Aceh. Kami berharap semuanya dikelola secara profesional,” ujarnya.

Nurlana selaku Srikandi Champion juga menegaskan bahwa ada organisasi khusus di dalam PLN yang mengelola dana zakat ini, yaitu Baitul Maal PLN, yang memastikan dana tersebut dialokasikan secara tepat kepada asnaf. “Zakat ini wajib dikelola secara baik dan dialokasikan dengan tepat, sehingga tidak salah sasaran,” jelasnya.

Yuswardi menyampaikan bahwa proses ini didasarkan pada pengalaman mereka di lapangan. “Kami pernah punya pengalaman ada anak yang sudah memasuki usia akhir baligh namun belum dikhitankan. Kebersihan dan kesehatannya menjadi tanggung jawab kita semua. Dari situ, kami mencoba membantu mereka yang membutuhkan,” ujar Yuswardi.

Beliau juga menambahkan, “Kami sangat bersyukur karena hari ini keluarga dari PLN UID Aceh berkumpul dan memberikan bantuan sponsor untuk program ini. Harapannya, anak-anak kita menjadi sholeh dan ini juga menjadi amal jariah bagi yang berpartisipasi. Kami berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar dan bermanfaat bagi semua pihak.”

Dengan adanya program ini, diharapkan anak-anak penerima manfaat dapat hidup sehat dan sholeh, serta menjadi generasi penerus yang dapat memajukan bangsa.

Kegiatan khitan massal gratis ini mencerminkan kerjasama yang solid antara PLN UID Aceh, YBM PLN bersama Srikandi PLN UID Aceh dengan Klinik Jeumpa dalam memberikan pelayanan dan dukungan kepada masyarakat. Semoga dengan adanya acara ini dapat membawa kebahagiaan dan manfaat jangka panjang bagi anak-anak yang mengikuti khitan massal.(Ra)

Artikel ini telah dibaca 30 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Smartfren Raih Predikat Gold dalam Bina UMKM Awards 2024 Lewat Program Teman UMKM

3 July 2024 - 19:07 WIB

AHM Best Student 2024 Incar Inovasi Kreatif Anak Muda

3 July 2024 - 16:33 WIB

Meriah, Roadshow BSI Aceh Muslimpreneur 2024 Dimulai di Sigli

3 July 2024 - 14:52 WIB

Bagi Hasil Pertama Sukuk ESG BSI Akan Dibayarkan September 2024

1 July 2024 - 11:16 WIB

Inspirasi Tanpa Batas: Peran Aktif Srikandi PLN UID Aceh di Hadapan Generasi Muda

1 July 2024 - 09:42 WIB

Tingkatan Penjualan, PLN Lakukan Penyambungan Listrik Kilang Padi di Aceh Barat Daya

1 July 2024 - 09:37 WIB

Trending di EKBIS