Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

KHAZANAH · 8 Apr 2024 08:19 WIB ·

Suka Memaafkan dan Menahan Amarah Adalah Karakter Utama Orang Bertakwa


 Dr. Teuku Zulkhairi saat mengisi Kultum Tarawih di Masjid Fathun Qarib Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Sabtu malam 6 April 2024. Perbesar

Dr. Teuku Zulkhairi saat mengisi Kultum Tarawih di Masjid Fathun Qarib Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Sabtu malam 6 April 2024.

Tausyiah di Masjid Fathun Qarib UIN Ar-Raniry 

BANDA ACEH – Puasa ramadhan diwajibkan oleh Allah SWT dengan tujuan agar umat Islam menjadi orang-orang yang bertakwa. Sebab, takwa ini merupakan syarat masuk syurga. Bahwa syurga disiapkan oleh Allah SWT bagi orang-orang yang bertakwa.

Hal tersebut disampaikan Dr. Teuku Zulkhairi saat mengisi Kultum Tarawih di Masjid Fathun Qarib Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Sabtu malam 6 April 2024.

“Di antara karakter orang-orang yang bertakwa sebagai hasil dari ibadah puasa ramadhan adalah gemar memaafkan. Orang bertakwa itu sadar dirinya tidak luput dari kesalahan sehingga mereka senantiasa suka memaafkan kesalahan orang lain. Baik kesalahan yang disengaja atau pun tidak,” ujar Teuku Zulkhairi.

Artinya, kata dosen UIN Ar-Raniry ini, suka memaafkan ini adalah karakter Ahlu syurga yang sangat dibutuhkan dalam konteks kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

Jika karakter ini bersemi kokoh dalam setiap jiwa masyarakat muslim, maka sebagian besar persoalan-persoalan yang terjadi di masyarakat Aceh pasti akan selesai sekiranya masyarakat muslim senantiasa suka memaafkan, tambahnya lagi.

Teuku Zulkhairi juga menyampaikan, selain suka memaafkan, orang yang bertakwa itu adalah mereka yang mau menahan amarah tatkala dia dihadapkan pada situasi harus marah. Sekjen Ikatan Sarjana Alumni Dayah (ISAD) ini menyebutkan sejumlah hadis keutamaan menahan amarah.

“Orang yang mau menahan itu dia dijanjikan syurga oleh Rasulullah dan kelak mereka yang mau menahan amarahnya padahal dia bisa menumpahkan amarahnya itu maka dia akan diberikan pilihan oleh Allah SWT untuk memilih bidadari mana yang dia mau ambil di syurga kelak,” katanya lagi menjelaskan.

Teuku Zulkhairi menerangkan, kriteria takwa dalam Alquran disebutkan dalam banyak ayat. Antara lain yaitu yaitu dalam Alquran surah Ali Imran ayat 133.

Dal ayat ini Allah SWT menjelaskan kriteria orang yang bertakwa yaitu mereka yang mau menginfakkan hartanya dalam keadaan lapang maupun sempit. Mereka yang mau menahan amarahnya, suka memaafkan kesalahan orang lain, dan mereka yang setelah berbuat kesalahan dan dosa lalu mengingat Allah dan istighfar meminta ampun kepada Allah SWT atas dosa-dosanya.

“Jadi orang-orang yang bertakwa itu bukanlah mereka yang tidak pernah berbuat salah. Melainkan mereka yang mau meminta ampun kepada Allah SWT atas dosa-dosanya. Mau mengangkat tangannya ke langit bersimpuh menyesali kesalahannya dan tidak mengulanginya lagi,” ujar Teuku Zulkhairi.

Teuku Zulkhairi mengatakan, dengan karakteristik seperti ini, jika takwa telah menjadi pakaian masyarakat muslim, maka pastilah kehidupan yang penuh ketenangan dan kedamaian akan lahir di bumi Aceh.

“Oleh sebab itu, mari senantiasa kita lakukan evaluasi terhadap diri kita masing-masing tentang sejauh mana karakter mulia ini telah menjadi bagian dari kehidupan kita masing-masing,” pungkas Zulkhairi.(ra)

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Mengulik Metode Mengajar Rasulullah SAW sebagai Teladan bagi Guru Masa Kini

30 May 2024 - 17:29 WIB

Dakwah dan Dilema Beragama di Aceh: Menyatu dalam Kebenaran

26 May 2024 - 07:37 WIB

Pentingnya Komunikasi Interpersonal Dalam Pendampingan Korban Kekerasan Seksual oleh Lembaga Bantuan Hukum

6 May 2024 - 17:20 WIB

Akhiri Jomblo di Bulan Syawal, Sesuai Petunjuk Rasulullah Saw

20 April 2024 - 10:37 WIB

Perayaan 819 Tahun Kota Banda Aceh: Menyemai Humanitas dan Kebangkitan Islami

19 April 2024 - 20:17 WIB

Khutbah Jumat: Memanfaatkan Akhir Ramadhan dengan Baik

5 April 2024 - 14:46 WIB

Trending di KHAZANAH