Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

INTERNASIONAL · 17 Apr 2024 14:55 WIB ·

AS Galang Dukungan dari Negara Sekutu, Israel Malah Gertak Iran


 BUKTI SERANGAN: Tentara Israel menunjukkan puing rudal milik Iran yang jatuh di markas militer di dekat Kiryat Malakhi, Israel bagian selatan, Selasa (16/4). (AFP) Perbesar

BUKTI SERANGAN: Tentara Israel menunjukkan puing rudal milik Iran yang jatuh di markas militer di dekat Kiryat Malakhi, Israel bagian selatan, Selasa (16/4). (AFP)

HARIANRAKYATACEH.COM – Kendati meminta Israel tidak membalas serangan Iran, bukan berarti Amerika Serikat (AS) berubah sikap. AS kini menggalang dukungan dari negara-negara sekutunya untuk memberi sanksi kepada Iran. Jenis sanksi itu belum diputuskan. Namun, sangat mungkin tujuannya adalah memutus sumber-sumber keuangan Iran.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen menyebut akan mengumumkan pemberian sanksi itu pada konferensi pers pembukaan pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) yang digelar di Washington DC. Yellen juga mendorong menteri keuangan negara-negara lain untuk menerapkan sanksi mereka sendiri terhadap Iran. Dia berdalih, hal itu adalah tindakan yang terkoordinasi.

Yellen menegaskan, pihaknya siap bekerja sama dengan negara-negara sekutu untuk menjatuhkan sanksi kepada Iran. Yellen menyebut serangan Iran dan proksi Islam kepada Israel sebagai tindakan yang jahat. “Serangan yang dilakukan Iran dan proksinya menggarisbawahi pentingnya kerja Departemen Keuangan dalam menggunakan alat ekonomi kami untuk melawan aktivitas jahat Iran,” jelasnya.

 

Sementara itu, Israel kembali menggertak Iran. “Iran akan menghadapi konsekuensi atas tindakannya,” ujar Panglima Militer Israel Letnan Jenderal Herzi Halevi, dilansir dari Associated Press (AP). Halevi mengatakan, negaranya sedang mengkaji situasi dan langkah yang akan diambil.

Senada, PM Israel Benjamin Netanyahu menyebut Israel akan membalas serangan drone dan rudal Iran secara bijak, bukan secara emosional. “Kami bakal menanggapi Iran, tapi akan bertindak bijaksana dan bukan dengan emosi. Mereka perlu diberi tekanan dengan cara yang sama seperti mereka membuat kita tertekan,” ucapnya, seperti dikutip stasiun televisi Israel Kan. (dee/lyn/c18/oni)

Artikel ini telah dibaca 157 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Serangan Israel ke Iran Targetkan Pangkalan Militer Dekat Isfahan

19 April 2024 - 14:47 WIB

Drone Kiriman Israel yang Dilumpuhkan Ternyata Diluncurkan Penyusup dari Dalam Iran, Ada Pesan yang Hendak Disampaikan

19 April 2024 - 14:44 WIB

Google Kerja Sama dengan Israel, Karyawan Protes dan Duduki Kantor CEO

18 April 2024 - 15:37 WIB

Dubai Banjir Bandang Parah! Ilmuan Sebut Penyebabnya karena Ini

17 April 2024 - 14:52 WIB

Serangan ke Israel Berlanjut, Kali Ini Giliran Hizbullah

16 April 2024 - 15:19 WIB

Presiden Israel: Serangan Iran adalah “pernyataan perang”

15 April 2024 - 16:14 WIB

Trending di INTERNASIONAL