Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

EKBIS · 20 Jul 2020 08:38 WIB ·

1,5 Tahun Cuci Darah, Nita Tidak Rugi Rutin Bayar Iuran JKN-KIS


 Nita Perbesar

Nita

BANDA ACEH (RA) – Tak pernah terpikir oleh Nita Kusniawati (40) harus rutin melakukan cuci darah setelah dirinya divonis oleh dokter menderita penyakit Gagal Ginjal serta Hepatitis C pada November 2018 lalu. Saat ditemui Tim Jamkesnews.com ketika sedang melakukan pelayanan cuci darah di Ruang Hemodialisis Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh, dengan tegarnya ia menceritakan riwayat penyakit yang dideritanya.
“Sekitar bulan November 2018 saya beberapa kali mengalami pingsan kemudian dibawa ke rumah sakit dan kata dokter saya menderita sakit Hepatitis C serta Gagal Ginjal sehingga saya harus selalu cuci darah, awalnya saya hampir gak mau cuci darah karena tentunya ada rasa takut ya dalam diri saya tapi mau gimana itu harus dilakukan dan setelah saya lalui ternyata gak apa-apa, tidak seperti yang saya takutkan,” ungkap Nita pada Selasa (23/6).
Nita yang baru berdomisili 6 bulan di Banda Aceh ini mengaku sebelumnya ia melakukan pelayanan cuci darah di salah satu rumah sakit daerah Karawang Jawa Barat saat masih berdomisili disana kemudian melanjutkan pelayanan cuci darah tersebut di rumah sakit pusat rujukan di Provinsi Aceh yaitu RSUDZA Banda Aceh dan menurutnya seluruh biaya ditanggung oleh Program JKN-KIS atas pelayanan kesehatan sejak awal ia divonis harus melakukan cuci darah. 
“Awalnya saya terdaftar menjadi peserta JKN-KIS melalui tanggungan perusahaan tempat suami saya bekerja di daerah Karawang, Jawa Barat kemudian karena suami saya tidak bekerja lagi diperusahaan tersebut maka kami pindah domisili ke Banda Aceh dan beralih menjadi peserta mandiri (Pekerja Bukan Penerima Upah/PBPU – red) dengan rutin membayar iuran dengan hak kelas perawatan kelas III,” ucapnya.
Sambungnya jika dirinya tidak menjadi peserta JKN-KIS tak terbayangkan berapa biaya yang dikeluarkan untuk melakukan cuci darah yang harus dilakukan 2 kali dalam seminggu.
“Kata teman saya yang pernah cuci darah dan membayar sendiri biayanya untuk pelayanan tersebut bisa mencapai 1 juta rupiah untuk sekali cuci darah, tentunya berat bagi kami yang berpenghasilan tidak menentu setelah suami saya tidak bekerja lagi, Alhamdulillah sangat terbantu karena dengan iuran yang rendah namun saya mendapatkan manfaat yang besar seperti sekarang ini,” ujarnya.
Hal lain menurutnya yang membuat ia juga semangat untuk melakukan pelayanan cuci darah adalah karena dokter dan perawat di RSUDZA memberikan pelayanan yang sangat baik.
“Pelayanan disini bisa saya bilang good sekali lah karena semuanya dipermudah kemudian mulai dari dokter, perawat sampai kepala ruang hemodialisis di RSUDZA ini sangat baik, ramah serta perhatian dan peduli akan kebutuhan pasien ditambah lagi saya mendapatkan teman-teman baru disini sesama pasien cuci darah, pokoknya sudah seperti keluarga disini,” katanya.
Terakhir ia berharap agar program JKN-KIS ini berkelanjutan sehingga manfaat dan kemudahan yang sudah didapat selama ini dapat terus dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. (rq)
Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Yayasan Wakaf Baitul Asyi Gandeng Bank Aceh Terima Wakaf

25 April 2024 - 18:51 WIB

PLN Mobile Proliga 2024 Siap Digelar, Kolaborasi Dukungan Untuk Pengembangan Voli di Tanah Air

23 April 2024 - 16:28 WIB

Rayakan Seni Fotografi Panorama Pada Ajang Epson International Pano Awards ke-15

22 April 2024 - 15:18 WIB

Liburan Lebih Lama Harga Lebih Hemat, Tiga Malam Di THE REIZ SUITES Bayarnya Hanya Dua Malam!

20 April 2024 - 10:05 WIB

Bank Mandiri Taspen Raih Prestasi: Naik Kelas ke KBMI 2

20 April 2024 - 09:24 WIB

The Reiz Suites Menghadirkan Promo eksklusif “Tribute to Kartini” Dalam Rangka memperingati Hari Kartini

19 April 2024 - 11:16 WIB

Trending di EKBIS