Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 8 Sep 2023 16:59 WIB ·

Zulkarnain, Ketua Komisi III DPRK Nagan Raya jadi Pemateri Pembinaan Manajemen Day


 Zulkarnain, Ketua Komisi III DPRK Nagan Raya jadi Pemateri Pembinaan Manajemen Day Perbesar

RAKYATACEH | BANDA ACEH – Dinas syariat islam Kabupaten Nagan Raya gelar pelatihan pembinaan manajemen dayah selama dua hari di Grand Nagan hotel. Selasa dan rabu, 5-6 September 2023.

Zulkarnain menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Nagan Raya memiliki komitmen kuat untuk pembinaan dayah di Nagan Raya. Komitmen ini ditunjukkan dengan membagai dana APBK untuk kepentingan dayah.

“Namun tentunya anggaran yang dikucurkan belum sesuai dengan harapan kita bersama karena alasan keterbatasan anggaran sehingga belum semua dayah di Nagan Raya tersentuh bantuan Pemkab Nagan Raya,” ucap Zulkarnain, selaku ketua komisi III DPRK Nagan Raya politisi partai demokrat.

Untuk itu kedepannya Pemkab Nagan Raya merencanakan peningkatan anggaran bagi pendidikan sebagai bentuk keberpihakan Pemkab terhadap pendidikan agama. Zulkarnain mengakui bahwa selama ini cukup banyak kekurangan pemerintah dalam memberi perhatian kepada pendidikan dayah.

Pemerintah lebih mengutamakan pembangunan infrastruktur yang tidak menjadi prioritas, tetapi tetap dilaksanakan. Sedangkan kepentingan dayah sering terabaikan.

Lebih lanjut Zulkarnain memaparkan bahwa setiap calon Bupati dan calon Gubernur sering menempatkan penegakan syariat islam pada urutan pertama visi dan misinya. namun pada penerapan anggaran untuk dinas syariat Islam pada urutan bawah.

Selanjutnya Zulkarnain mengharapkan kepada para pimpinan Dayah yang ada di Nagan Raya agar mengkolaborasikan pendidikan umum sehingga generasi Islam ke depan tidak hanya memiliki pengetahuan Agama, tetapi juga memiliki pengetahuan umum. agar diharapkan ke depan akan ada ulama yang menjadi dokter, ekonom, politisi, teknokrat dan ulama-ulama yang menguasai teknologi.

Pada akhir pemaparannya Zulkarnain meminta kepada Dinas Syariat Islam untuk menyiapkan tim pendamping bagi Dayah untuk penertiban administrasi dan managemen Dayah serta melatih pengurus Dayah untuk penguasaan computer. Selanjutnya memfasilitasi minimal 1 unit computer untuk 1 Dayah.

Sebelumnya, Kadis Syariat Islam H. Wahidin, S.E. melaporkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dua gelombang, dengan peserta terdiri dari unsur pengurus, pimpinan dan operator dayah/balai pengajian, berjumlah 160 orang.

Pelaksanaan pelatihan gelombang I dilaksanakan hari Selasa 5 September, yang dihadiri 80 peserta. “Sementara gelombang II pada Rabu 6 September 2023, dihadiri 80 peserta dari wilayah Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, Beutong, Seunagan Timur, Seunagan, Suka Makmue, Kuala dan Kecamatan Kuala Pesisir,” katanya.

Untuk pembinaan ini, Pemkab Nagan Raya menghadirkan tiga narasumber yaitu Zulkarnain Ketua Komisi III DPRK Nagan Raya, Musmulyadi S.Pd yang merupakan Plt. Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, dan Surijal dari Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Meulaboh. (mag 01)

Artikel ini telah dibaca 239 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Darmansyah Putra Terpilih Sebagai Ketua PS Lambhuk

28 April 2024 - 19:38 WIB

TP PKK Aceh Besar Gelar Jambore Kader

28 April 2024 - 17:28 WIB

Mantan Sekda Aceh Thantawi Ishak Berpulang Kerahmatullah

27 April 2024 - 23:28 WIB

Iklan Rokok Bertebaran di Banda Aceh, Begini Respon The Aceh Institute

27 April 2024 - 22:27 WIB

Kasdim 0101/KBA, Wakili Dandim Menghadiri Upacara Bakti Pemasyarakatan Ke-60

27 April 2024 - 16:58 WIB

Kakanwil Kemenkumham Aceh Pimpin Upacara HBP ke 60 di Lapas Banda Aceh

27 April 2024 - 11:18 WIB

Trending di METROPOLIS