Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 23 Oct 2023 07:02 WIB ·

Perpustakaan Desa Kesehatan Dilengkapi Sarana Baca Digital


 PUSTAKA CERIA: Datok Penghulu Syariful Alam bersama perangkatnya menjajal komputer All-in one sebagai sarana baca digital di Perpustakaan Ceria Desa Kesehatan, Aceh Tamiang, Minggu (22/10). IST/RAKYAT ACEH Perbesar

PUSTAKA CERIA: Datok Penghulu Syariful Alam bersama perangkatnya menjajal komputer All-in one sebagai sarana baca digital di Perpustakaan Ceria Desa Kesehatan, Aceh Tamiang, Minggu (22/10). IST/RAKYAT ACEH

KUALA SIMPANG  – Perpustakaan Ceria Desa Kesehatan, Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang semakin menarik untuk dikunjungi karena dilengkapi sarana baca digital. Selain memiliki ribuan judul buku, ruang pojok baca juga memiliki fasilitas komputer All-in One.

“Di Perpustakaan Ceria ini bukan cuma sekedar buku, namun juga tersedia sarana baca secara digital untuk anak-anak dan orang dewasa. Semoga ini dapat meningkatkan minat baca masyarakat,” kata Datok Penghulu Desa Kesehatan, Syariful Alam kepada Rakyat Aceh, Minggu (22/10).

Baru-baru ini, lanjut Syariful Pustaka Cerita menerima bantuan mobiler dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Aceh Tamiang berupa server ID ruter modem 1 unit, PC All-in One 4 unit, TV LED 43 inci 1 unit, karpet tile 3 unit dan UPS Power 1 unit.
Kemudian meja all-in one 4 unit, meja mimbar 1 unit, rak buku 2 unit, rak kabinet 1 unit, back droop 1 unit, sofa 1 unit dan kursi 4 unit.

“Ada 12 item mobiler yang kita terima, dengan tambahan meja komputer, meja repsesionis dan rak display,” ujarnya.

Setelah menerima bantuan mobiler kini fasilitas di perpustakaan yang berdiri pada 28 Juli 2023 ini sudah lengkap dan nyaman. Syariful Alam sangat mengapresiasi pemda Aceh Tamiang dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah mendukung penuh sarana dan prasarana pustaka desa pertama di Aceh Tamiang ini.

“Fasilitas saat ini saya anggap sudah lebih dari cukup, bila masih ada kekurangan nanti secara bertahap akan kita lengkapi secara mandiri,” sebutnya.

Melalui program pojok baca ini Syariful Alam mengajak seluruh masyarakatnya dan warga kampung lain untuk tingkatkan minat baca bukan hanya pengetahuan umum tapi pengetahuan tentang agama juga sangat penting.

“Genggam dunia dengan kita banyak membaca buku, karena buku adalah jendela dunia untuk menambah informasi, wawasan dan ilmu,” tukasnya.

Dihubungi terpisah Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Aceh Tamiang, Fadilluk Tahir mengatakan, bantuan mobiler tersebut untuk menunjang aktivitas program baca bagi anak-anak dan masyarakat umum di perpustakaan tingkat desa tersebut. Bantuan mobiler ini merupakan tindak lanjut dari penunjukan Perpustakaan Ceria Desa Kesehatan sebagai pilot project/percontohan untuk menumbuhkan minat baca masyarakat secara digital.

“Jadi para peminat baca dapat lebih mudah untuk menambah wawasan di era digitalisasi saat ini melalui perpusatakaan desa,” sebut Fadil.

Diketahui saat ini jumlah buku di Pustaka Ceria Desa Kesehatan sebanyak 2.000 buku dari berbagai klasifikasi judul. Buku tersebut berasal dari bantuan DPKD Aceh Tamiang dan donasi masyarakat. Buku-buku tersebut tersimpan rapi di rak besi berkapasitas 500-600 buku. (ddh/rus)

 

 

Artikel ini telah dibaca 34 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

PNL dan PT PIM Siap Implementasi Kerjasama Berbagai Program

26 April 2024 - 14:50 WIB

Pj Wali Kota dan Pj Bupati Aceh Utara Ikut Rakernas Evaluasi KEK 2024 “Realisasi Investasi KEK Rp187,5 Triliun”

26 April 2024 - 10:56 WIB

KIP Bireuen Buka Pendaftaran PPK Pilkada 2024, Berikut Jadwal dan Syaratnya

26 April 2024 - 06:35 WIB

Polsek Banda Sakti Ciduk Tersangka Narkotika “Sita 6 Paket Sabu”

25 April 2024 - 18:29 WIB

Pelaku Judi Online di Peusangan Ditangkap

25 April 2024 - 16:38 WIB

Coret Furqan dari Pansel Akibat Tak Cukup Umur, Gedung DPRK Bireuen Didemo

25 April 2024 - 16:37 WIB

Trending di NANGGROE TIMUR