Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 24 Oct 2023 14:22 WIB ·

Cipta Tenaga Kerja Terampil, Pj Bupati Buka Pelatihan Menjahit dan Digital Marketing


 Cipta Tenaga Kerja Terampil, Pj Bupati Buka Pelatihan Menjahit dan Digital Marketing Perbesar

RAKYAT ACEH | LHOKSUKON – Penjabat Bupati Aceh Utara, Dr Mahyuzar MSi, membuka pelatihan menjahit dan digital marketing berbasis kompetensi dan produktivitas, Kementerian Tenaga Kerja RI Tahun 2023.

Sebanyak 32 peserta ikut pelatihan di Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Aceh Utara, Selasa, 24 Oktober 2023.

Pj Bupati Mahyuzar mengatakan apresiasi kepada para pihak atas terlaksananya kegiatan pelatihan.

Apalagi dalam tahun 2023 ini UPTD BLKI Aceh Utara telah selesai melaksanakan 15 paket kegiatan pelatihan berbasis kompetensi yang didanai dengan APBN Kementerian Tenaga Kerja dan yang dibuka pada hari ini adalah paket tambahan sebanyak dua paket pelatihan lagi.

Menurut Mahyuzar, pelatihan ini sangat penting dan strategis untuk menyiapkan tenaga kerja yang kompeten, produktif dan berdaya saing.

Khususnya untuk dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan ekonomi dan kebutuhan pasar kerja lokal dan berbasis potensi unggulan daerah.

Lebih jauh Mahyuzar mengharapkan hendaknya BLKI ke depan dapat menjadi pusat pelatihan ketrampilan dan pengembangan wirausaha.

Untuk itu, perlu terus dilakukan revitalisasi BLKI menuju BLKI transformatif, yaitu BLKI yang mampu melakukan penyesuaian diri secara cepat terhadap kebutuhan pasar tenaga kerja yang dinamis.

Sejumlah pejabat turut hadir menyaksikan pembukaan kegiatan itu, di antaranya para Asisten Setdakab Aceh Utara, Pejabat dari Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Provinsi Aceh, Kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Banda Aceh Rahmad Faisal, ST, Kepala Dinas Penanaman Modal Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Aceh Utara Nyak Tiari, SE, MM, Kepala BPJS Tenaga Kerja Lhokseumawe Muhammad Sulaiman Nasution, para Kepala OPD Aceh Utara, dan Kepala UPTD BLKI Aceh Utara

Sementara Kepala Dinas Penanaman Modal Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Aceh Utara, Hj Nyak Tiari SE MM menyampaikan, kegiatan ini untuk dua kejuruan yaitu bidang keahlian garmen apparel atau menjahit pakaian dengan mesin dan keahlian digital marketing.

Kegiatan didanai dengan anggaran APBN dana tambahan. Tujuan untuk mengurangi angka pengangguran dan menekan angka kemiskinan.

Pelatihan berangsung 33 hari di gedung BLKI bekas kantor Bupati Aceh Utara, jalan T Hamzah Bendahara, Lhokseumawe. Masuk pulul 08.00 WIB-15.00 WIB.

Kepala BLKI Aceh Utara, Nurul saat dikonfirmasi Rakyat Aceh mengatakan pelatihan diharapkan dapat tercipta tenaga kerja yang terampil dan kompeten. Sehingga mampu menciptakan lapangan kerja mandiri. (ung/bai)

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Pj Wali Kota dan Pj Bupati Aceh Utara Ikut Rakernas Evaluasi KEK 2024 “Realisasi Investasi KEK Rp187,5 Triliun”

26 April 2024 - 10:56 WIB

Delegasi UNHCR dari Jenewa Bakal Kunjungi Aceh

25 April 2024 - 18:41 WIB

Polsek Banda Sakti Ciduk Tersangka Narkotika “Sita 6 Paket Sabu”

25 April 2024 - 18:29 WIB

Pelaku Judi Online di Peusangan Ditangkap

25 April 2024 - 16:38 WIB

24 April 2024 - 12:22 WIB

Program Jusber PIM Kepada Masyarakat Lingkungan

22 April 2024 - 16:49 WIB

Trending di LHOKSEUMAWE