Empat Grup Zikir Meriahkan Maulid Blang Poroh

Grup zikir Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, ikut meriahkan perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, di Gampong Blang Poroh, Cunda, Ahad (22/1). ARMIADI/RAKYAT ACEH

LHOKSEUMAWE (RA)- Empat grup zikir Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, ikut meriahkan perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, di Gampong Blang Poroh, Cunda, Kota Lhokseumawe, Minggu (22/1).Grup zikir itu diundang oleh panitia maulid, yakni Grup Zikir Nailul Muram Lhok Mon Puteh,Group Zikir Darul Ulum Al-Munawwarah Lhok Mon Puteh/Blang Poroh, Group Zikir Paya Lhok, Gampong Paya Peuntuet dan group zikir gampong setempat. Keempat grup zikir ini, secara bergantian membacakan zikir dan alunan kisah perjuangan Nabi Muhammad SAW.

Imum Gampong Blang Poroh, Tgk Ridwan Yusuf, kepada Rakyat Aceh, kemarin, mengatakan, grup zikir itu diundang untuk memeriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW yang kita rayakan dan peringati setiap tahun. “Perayaan maulid ini sudah menjadi tradisi kita di Aceh. Tujuannya, melalui momentum Maulid Nabi Muhammad SAW, semoga kita lebih mendekati diri kepada Allah SWT,”ucap Tgk Ridwan.

Dia menyebutkan,sebenarnya, Maulid ini bukan sekedar berkenduri saja dan membawa ke meunasah untuk makan bersama anak yatim/piatu serta undangan lainnya. Namun, yang perlu kita lakukan adalah, dapat menjadikan Suri Tauladan Nabi Muhammad sebagai contoh kita dalam kehidupan sehari-hari untuk berpilaku sesuai anjuran Islam.

Sementara itu, Keuchik Blang Poroh, M. Jalil, mengatakan, perayaan Maulid ini juga untuk menjalin silaturrahmi antara masyarakat gampong Blang Poroh. Karena masyarakat berkumpul di meunasah untuk merayakan Maulid sambil menyaksikan grup zikir atau dikee yang dibacakan oleh empat grup tersebut.

Hadir dalam perayaaan Maulid itu, Camat Muara Dua, Bukhari, Babinsa Muara Dua, tim fasilitator gampong, tokoh masyarakat, pemuda, masyarakat umum dan anak-anak. (arm/min)