Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NANGGROE BARAT · 22 May 2024 17:03 WIB ·

Lima Tahun Terakhir, Ada 17 Kasus Bencana Kebakaran Landa Simeulue


 Lima Tahun Terakhir, Ada 17 Kasus Bencana Kebakaran Landa Simeulue Perbesar

RAKYAT ACEH | SIMEULUE – Musibah bencana kebakaran yang meludeskan harta benda warga Pulau Simeulue,  sejak tahun 2019 hingga tahun 2023, sebanyak 17 kasus kebakaran yang terjadi di sejumlah titik yang ada di 10 Kecamatan.

Belasan kasus musibah bencana kebakaran yang telah menimbulkan dampak kerugian tersebut, berdasarkan data resmi yang dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simeulue, pertanggal 31 Desember 2023, yang diterima Harian Rakyat Aceh, Rabu, 22 Mei 2024.

Hal itu disampaikan Zulfadli, Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simeulue, kepada Harian Rakyat Aceh.

“Sejak 2019 hingga 2023, sebanyak 17 kasus bencana kebakaran, yang terjadi disejumlah titik dalam wilayah Kabupaten Simeulue,” kata Zulfadli.

Zulfadli menambahkan, data lima tahun terakhir itu belum, termasuk data musibah bencana kebakaran yang terjadi pada tahun 2024, dan pihaknya saat ini meningkatkan keahlian, profesionalisme Sumber Daya Manusia (SDM) serta juga sosialisasi kepada masyarakat untuk antisipasi dan deteksi dini potensi bencana kebakaran.

Dengan cakupan luas dan geografi wilayah, pihak BPBD Simeulue juga menyebar personil serta armada pemadam kebakaran di sejumlah pos pemadam yang ada, yakni satu unit armada pemadam di siagakan di Kecamatan SimeulueTengah dan satu unit pemadam kebakaran di pos pemadam KecamatanSimeulueBarat.

Selanjutnya 7 unit pemadam kebakaran dan satu unit armada pemadam lainnya jenis mobil Fire Jeep dan pompa portabel pemada yang di siagakan langsung di markas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simeulue dalam wilayah pos pemadam kebakaran Kecamatan SimeulueTimur.

Dengan cakupan luas geografi Wilayah Manajemen Kebakaran (WMK) dalam Kabupaten Simeulue, yang dapat di realisasikan hanya tiga WMK, yakni Wilayah Manajemen Kebakaran (WMK) Simeulue Timur dan Wilayah Manajemen Kebakaran (WMK) Simeulue Tengah serta terakhir Wilayah Manajemen Kebakaran (WMK) Simeulue Barat.

Seharusnya dan idealnya Wilayah Manajemen Kebakaran (WMK) telah tersedia di masing-masing Kecamatan yang ada di Kabupaten Simeulue yang memiliki 138 desa, sehingga dapat ditempatkan peralatan pemadam kebakaran untuk antisipasi musibah bencana kebakaran, dengan cepat dan tepat.

“Dengan grafik kasus bencana kebakaran setiap tahunnya dan cakupan luas geografis wilayah, idealnya setiap kecamatan ada WWK atau pos pemadam kebakaran. Maka kendala kita masih ada Kecamatan belum ada pos pemadam, sehingga saat antisipasi bencana kebakaran tidak maksimal,” imbuh Kalaksa BPBD Simeulue.

Kebutuhan yang sangat penting dan mendesak harus tersedianya Pos Siaga Damkar yang dilengkapi dengan armada pemadam kebakaran di Wilayah Manajemen Kebakaran (WMK), yakni Kecamatan Teupah Barat, kecamatan Teluk Dalam, kecamatan Salang, kecamatan Alafan dan kecamatan Simeulue Cut.

Sedangkan peralatan yang harus segera dilakukan pergantian atau perbaikan sesuai standar internasional dan nasional yakni sebanyak 6 selang telah bocor, kemudian sebanyak 18 selang harus diganti, sedangkan 24 selang lagi yang saat ini dengan kondisi baik dan masih dapat diandalkan saat terjadi bencana kebakaran di 10 Kecamatan.

Update data resmi yang dirilis BPBD Simeulue itu, ada 17 kasus musibah bencana kebakaran, sejak tahun 2019 hingga 2023 yang terjadi disejumlah titik dalam Wilayah Manajemen Kebakaran (WMK) di masing-masing Kecamatan, yakni pada tahun 2019 ada tiga kasus musibah bencana kebakaran.

Kemudian Tahun 2020, tidak ada data kasus musibah bencana kebakaran. Tahun 2021, juga tidak ada data kasus musibah bencana kebakaran. Tahun 2022 sebanyak lima kasus musibah bencana kebakaran. Terakhir tahun 2023 terjadi musibah bencana kebakaran sebanyak 12 kasus. (ahi/hra) 

Artikel ini telah dibaca 36 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Sah, KIP Tetapkan 20 Nama Yang Akan Duduk di Kursi Wakil Rakyat Simeulue

14 June 2024 - 18:30 WIB

Satlantas Polres Abdya Tangani 48 Kasus Laka Lantas

14 June 2024 - 08:18 WIB

Mopen tabrak truk muatan kayu di Pidie, warga Aceh Barat meninggal dunia

13 June 2024 - 15:00 WIB

Dewan Simeulue, Usulkan Tiga Nama Pengganti Pj Bupati Ahmadlyah

12 June 2024 - 11:00 WIB

“Beo Simeulue” Terancam Hilang dari Muka Bumi

10 June 2024 - 19:02 WIB

AMPI Nagan Raya Siap Mendukung Penuh TRK sebagai Calon Bupati Nagan Raya pada Pilkada 2024

10 June 2024 - 14:32 WIB

Trending di NANGGROE BARAT